Senin, 29 Januari 2018

jenis jenis cms dan kegunaanya

A. pendahuluan 



1. pengertian 

cms merupakan suatu software atau aplikasi yang di gunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan

2. latar belakang

dengan adanya cms maka kita lebih leluasa untuk mencoba coba aplikasi

3. maksud dan tujuan 

agar kita tahu bahwa cms itu banyak kegunaannya untuk para orang yang mendalami dunia IT

B. waktu 

20 menit

C. alat dan bahan 

laptop + internet

D. pelaksanaan 

1. Joomla
Joomla merupakan Content MAnagement System (CMS) Sumber terbuka yang bebas ditulis dengan bahasa pemrograman PhP dan dengan database MySQL. Joomla menyertakan banyak fitus untuk meningkatkan kinerja temasuk page caching, web indexing, RSS freed, Halaman untuk dicetak, Web side searching dan dukungan Internasional.

Joomla berasal dari sebuah phometic sebuah kata bahasa Swahili "Jomla" dengan arti kebersamaan atau kesatuan pilihan nama mencerminkan komitmen para pengemabang dan komunitasnya saat membentuk Joomla ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005. Joomla dibangun sebagai fork dari Mambo dengan rilis perdana Joomla 1.0.0 pada tanggal 16 September 2005 mengembangkan versi dari Mambo. Menurut roadmap Joomla 2.0 code vase akan ditulis ulang sekelompok dibangun mengadopsi GNU (General Public Lcense) Joomla merupakan CMS favorit yang banyak digunakan dibanding berbagai macam CMS yang lain.

2. Drupal

Drupal adalah sebuah pernagkat lunak CMS yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL. Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.
Drupal dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Drupal dapat dipasangkan pada beberapa jenis database  seperti MySQL, SQLite, MariaDB dan MsSQL. Web server yang mendukung drupal diantaranya Apache,Nginx,IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-Platform seperti Microsoft Windows, MacOS X, Linux dan FreeBSD
Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasikan, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi atau konten pada webside. Kemampuan Drupal tidak hanya sebagai CMS tetapi dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.
Drupal diciptakan dari sebuah percobaan sederhana, tepatnya pada tahun 2000, Dries Buytaert dan Hns Snijder yang merupakan mahasiswa dari Universitas Antwerp, embuat sebuah website sederhana untuk keperluan diskusi, melaporkan status jaringan komputer atau sekedar berbagai informasi bersama teman-temannya. Sekian lama software ini tidak mempunyai nama sampai pada akhirnya mereka lulus kuliah dan memutuskan untuk menempatkan website ini secara online agar mereka tetap dapat saling berkomunikasi. Nama sebenarnya yang dipilih oleh Dries Buytaert adalah 
Dorp.org" yang berarti "desa atau dusun" dalam bahasa Belanda tetapi karena salah lihat pada daftar domain yang tersisa maka terpilih "drop.org"

3. Wordpress
Wordpress adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan kedalam CMS jenis Blog. Meskipun dikhususkan untuk blog, namun banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS Wordpress ini selain user friendly juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas.

4. Aura
Aura CMS merupakan CMS buatan Indonesia. Namun karena belum banyak yang mengembangkan CMS ini sehingga masih banyak kekurangannya.CMS Aura diluncurkan pada tahun 2003, CMS mulai dari versi 1.0 kemudian dikembangkan sampai versi 1.6 pada tahun 2005.

5. Prestashop



Prestashop merupakan CMS yang khusus digunakan untuk membangun toko online. CMS Prestashop dapat diinstal pada web hosting dengan spesifikasi antara lain : berabsis linux atau windows, PHP versi 5.0 keatas, apache versi 1.3 atau IIS6 keatas.

6. Openchart
CMS Openchart ini hampir sama dengan Prestashop, Openchart ini merupakan CMS khusus untuk toko online atau biasa disebut E Commerce. Fitur fiturnya lebih lengkap.

7. Moodle
Moodle merupakan CMS berbasis komunitas yang powerfull, CMS ini bersifat komersial dengan 2 versi yaitu Classic dan Publishing suite.


E. hal yang didapat

jadi lebih mengerti apa yang di sebut dengan CMS

F. kesimpulan

membaca selain membuat orang banyak pengetahuan juga melatih kesehatan dan kecepatan mata

G. referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar